Total Tayangan Halaman

Sabtu, 31 Maret 2012

Cara mengedit foto seperti fotographer handal

Seorang fotografi yang handal pastinya punya banyak cara untuk membuat hasil karya foto mereka lebih indah untuk dilihat dan mempunyai kualitas tajam. Ada beragam cara untuk mewujudkan karya indah dari hasil jepretan kamera diantaranya dengan membeli sebuah kamera super canggih dan mempelajari bagaimana cara untuk melakukan pemotretan dengan kamera tersebut.
Lalu bagaimana dengan foto yang terlanjur diambil dengan kamera tetapi kurang mempunyai ketajaman fokus pada obyek inti dalam foto. Kita dapat memanfaatkan sebuah software editing foto seperti Adobe Photoshop atau Corel Draw untuk memanipulasi foto tersebut agar terlihat lebih fokus. Selain kedua software editing tersebut, ada satu software editing foto yang bermanfaat untuk membuat sebuah foto menjadi lebih fokus dari sebelumnya. Nama softwarenya adalah CombineZM, sebuah free software editing foto berlisensi GPL yang dapat digunakan untuk menfokuskan sebuah hasil jepretan kamera yang kurang fokus pada inti dari obyek sebuah foto.
Sebagai contoh, kita coba untuk mengedit beberapa foto di bawah ini dan menggabungkannya agar menjadi karya yang lebih fokus dan indah untuk dilihat. Pada foto pertama, terlihat fokus foto ada di bagian depan, pada gambar kedua ada di bagian tengah dan pada gambar terakhir fokus gambar ada di bagian belakang. Untuk menggabungkan ketiga gambar tersebut dan menjadikannya terlihat tajam pada semua bagian, kita gunakan software CombineZM.
CombineZM, Cara Mudah Merubah Fokus dari Foto Digital Image CombineZM, Cara Mudah Merubah Fokus dari Foto Digital Image CombineZM, Cara Mudah Merubah Fokus dari Foto Digital Image CombineZM, Cara Mudah Merubah Fokus dari Foto Digital Image
Untuk memanipulasi foto menggunakan software CombineZM, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Download software CombineZM dari websitenya dan install pada komputer anda. Untuk download, bisa juga didapatkan dengan cara klik kata Awesome 
  • CombineZM, Cara Mudah Merubah Fokus dari Foto Digital Image
  • Jalankan software CombineZM
  • Buka file yang akan difokuskan dengan cara klik menu File, kmudian klik sum menu New
  • Pilih foto yang akan difokuskan (pilih beberapa foto dengan fokus yang berbeda)
    CombineZM, Cara Mudah Merubah Fokus dari Foto Digital Image
  • Klik menu Macro dan klik sub menu Do Stack. Setelah itu, software CombineZM akan membandingkan warna, ketajaman dan tata letak foto dan kemudian akan menggabungkannya menjadi foto yang punya fokus yang lebih baik dari sebelumnya.
    CombineZM, Cara Mudah Merubah Fokus dari Foto Digital Image
  • Klik Save Frame/Picture As untuk menyimpan hasil dari editan foto tadi.
Sekarang, foto yang anda punya telah mempunyai fokus ketajaman yang lebih baik dari sebelumnya.
Selain cara otomatis diatas, adasatu cara manual untuk menggabungkan beberapa foto yang anda punya dengan menggunakan software CombineZM. Untuk petunjuk penggunaannya, ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Klik menu View dan sub menu Go to Frame
  • Jadikan foto yang mempunyai fokus tengah sebagai foto utama
    CombineZM, Cara Mudah Merubah Fokus dari Foto Digital Image
  • Temukan titik dimana terlihat fokus foto mulai hilang pada foto utama. Klik bagian samping kiri dimana batas fokus titik tersebut, kemudian tekan tombol 1, kemudian klik dimana batas fokus pada bagian kanan kemudian tekan tombol 2, kemudian klik exit pada kotak dialog yang keluar
    CombineZM, Cara Mudah Merubah Fokus dari Foto Digital Image
  • Ulangi langkah tersebut pada frame yang lainnya
  • Untuk mengakhiri semua langkah, klik Macro dan sub menu Do Stack untuk melihat hasilnya
  • Klik Save Frame/Picture As untuk menyimpan hasilnya
Dengan cara manual ini, anda dapat menentukan sendiri dimana fokus dari gambar lebih dipertajam dan untuk bagian yang lain tidak begitu di pertajam. Beberapa gambar hasil editan dari software CombineZM, dapat dilihat di bawah ini.
Sebagai catatan, sampai saat ini software CombineZM hanya tersedia untuk OS WinXP, Win2000 dan WinME  dan belum tersedia untuk WinVista dan Windows 7. Apabila anda ingin menggunakannya untuk versi windows yang lain, anda harus mengontact vendor sofware tersebut untuk mendapatkan dukungan untuk OS yang anda gunakan.
Selamat mengedit foto terindah yang anda punya dengan menggunakan software CombineZM dan selamat mencoba untuk menghasilkan karya fotografi terbaik yang pernah anda miliki. Semoga berhasil.

Have Fun !!